Jelang Piala Asia 2007: Liberia bukan Liberia

Sebagai bagian dari rangkaian persiapan untuk Piala Asia, Indonesia dijadwalkan akan melawan tim nasional Liberia. Akan tetapi, tim yang datang kali ini bukanlah tim nasional Liberia yang sesungguhnya. Oleh karena itu tim ini diperkenalkan sebagai Liberia Selection.

Ini membuat masyarakat Indonesia bertanya-tanya, siapakah Liberia Selection ini? Mengapa tim Liberia yang asli gak mau datang ke sini? Dan apakah benar George Weah, eks-pemain Liberia legendaris, akan ikutan merumput di Palembang?

Dari cross-check dengan Wikipedia, dari nama-nama yang tertera di Liberia Selection yang akan melawan Indonesia hari ini (30/6) hanya Anthony Jonnah Ballah, pemain Persebaya yang kali ini akan bertindak sebagai kapten, dan Steven Mennoh yang merupakan pemain nasional tim Liberia. Yang lainnya adalah pemain-pemain non-Timnas yang dipanggil khusus untuk pertandingan ini. Mereka adalah pemain-pemain Liberia yang merumput di Indonesia.

Apakah Liberia meremehkan Indonesia? Ini akan jadi kali ketiga Indonesia tidak melawan tim inti dalam laga persahabatan, setelah sebelumnya melawan tim muda Jamaika bentukan Bora Milutinovic (2-1 untuk Indonesia) dan Singapura U-23 (kalah 0-1).

Nama Zah Rahan, pemain Liberia yang merumput di Palembang, tidak tertera di daftar pemain yang dikeluarkan oleh website PSSI.

Pertandingan ini akan dipimpin oleh wasit Brunnei Darussalam, Haji Duraman Zulkiflie. Sementara yang akan berperan sebagai hakim garis adalah Fahrizal dan Udin Sumarsyah dari Indonesia.

George Weah
Berkenaan dengan kedatangan tim Liberia Selection, santer dikabarkan bahwa mantan bintang AC Milan, George Weah juga akan datang dan bahkan bermain melawan Indonesia. Bukan untuk menghancurkan hati Milanisti di seluruh Indonesia, tetapi setelah dikonfirmasi, George Weah yang akan datang hanya seorang pemain yang kebetulan namanya sama dengan pemain legendaris itu. George Weah yang ini adalah seorang libero yang merumput di salah satu klub Yunani.

Akan tetapi, menurut Anthony Ballah, dia mendapat kabar bahwa si Oppong, nama panggilan George Weah yang asli, juga akan datang untuk men-support timnya. Entah ini benar atau hanya dalih supaya masyarakat Indonesia tidak sakit hati.

*UPDATE:  Benar saja, tim Liberia Selection akhirnya dipermasalahkan oleh Asosiasi Sepak Bola Liberia karena dianggap melakukan pertandingan friendly tanpa otorisasi dari mereka. Indonesia dilaporkan ke FIFA dan AFC karena dianggap melanggar ketentuan dengan tidak mendaftarkan pertandingan ini ke FIFA. Indonesia berdalih bahwa Timnas gak bertanding lawan tim nasional Liberia, melainkan cuma melawan kumpulan pemain-pemain Liberia yang bermain di Liga Indonesia. Steven Mennoh, salah satu pemain dalam squad Liberia Selection dan juga termasuk anggota tim nasional Liberia, terancam sanksi karena ikut andil dalam pertandingan ini.

_______________

Susunan pemain Liberia Selection:

Tim inti: Anthony Jonnah Ballah (c), Steven Mennoh, James P Mulbah, Winston Moses, Tubman Johnson, Marksson F Gray, Morris Portee, Steven Mennoh, Roberto Kwateh, Foda Boakai, Alexander Robsinson, George Weah.

Cadangan:
Winston Daniels, Alfred Ballah, Francis Carr, Konah David, Philip Tarlub, Richard B Wah, David Massaoquoui.

Non-playing staff: Ricky B Swen (Manager), Francis Brupleh (Assistant Manager), Joao A Alves (Coach), Patrick Lucas (Coach), Nyema S Collins (Coach).

9 Balasan ke Jelang Piala Asia 2007: Liberia bukan Liberia

  1. Ridwan mengatakan:

    Makanya Indonesia perlu menang gede, supaya lain kali ga diremehkan. Ya ga?😀

  2. elzafir mengatakan:

    *UPDATE: Indonesia menang 2-1. Gol dicetak oleh Bambang Pamungkas (’43), Ponaryo Astaman (Penalty ’90) – Boakai Foda (’45).

    Line Up Indonesia :

    1 Yandri Pitoy
    4 Ricardo Salampessy
    5 Maman Abdurrahman
    6 Charis yulianto
    2 M Ridwan
    11 Ponaryo Astaman
    15 Firman Utina / (17) Atep menit 62
    9 Mahyadi Panggabean / (7) Eka Ramdani menit 69
    13 Budi Sudarsono / (22) Supardi menit 86
    8 Ellie Aiboy / (19) Zaenal Arief menit 68
    20 Bambang Pamungkas

    Line Up Liberia:

    1 James P Mulbah,
    2 George Weah
    15 Winston Moses,
    11 Tubman Johnson,
    5 Marksson F Gray,
    6 Morris Portee,
    18 Steven Mennoh,
    7 Roberto Kwateh,
    10 Antony Jomah Ballah
    14 Foda Boakai,
    8 Alexander Robsinson

  3. Ridwan mengatakan:

    YAAAAYYY!!!!!!!!!!!!

    HIDUP INDONESIA!!!! GImanapun juga, ini kandang gw… Eh maksudnya kandang Indonesia…

  4. DESSY RACHMAWATIE mengatakan:

    berjuang semaksimal mungkin tim merah putih lakukan yang terbaik bagi bangsa dan negaramu

  5. purmana mengatakan:

    Ah mau siapapun yang diturunin…. INDONESIA pasti tetep menang,,,,!!!!!

  6. Darmawan mengatakan:

    maju terus pantang kendur, semoga “Indonesia” melaju terus.

  7. kurniawan mengatakan:

    Siapapun lawan Indonesia,Indonesia pasti menang!!!!!!!!. Berjuang terusss……Indonesia,taklukan lawan-lawanmu…..MERDEKA!!!!!!!!

  8. Anis.kurniawan mengatakan:

    Aku yakin pasti Indonesia menjadi juara & harumkan nama baek Indonesia. Maju terus Indonesia,teman-teman ada dibelakangmu untuk mendukungmu………..SEMANGAT!!!!!!!!!!

  9. Badriyah Safitri mengatakan:

    Pokonya walaupun kemarin tim MERAH PUTIH kalah tapi saya sangat menghargai kerja kerasnya buat pemainnya yang akan menghadapi KORSEL maju terus .saya sebagai penggemar bola akan selalu mendukung indonesia tercinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: