4 HAL NGACO DARI PERFILMAN INDONESIA

dcip_digicinema

Jaman sekarang banyak orang-orang Indonesia makin lama makin ngawur kalo ngomongin film.

Bangsatnya, jejeran punjab-punjab gak tau diri itu makin lama makin kaya walaupun mereka bikin film-film sampah. Well, sebenernya itu bukan salah mereka. Penontonnya aja yang tolol.

Gua gak abis pikir ada orang yang mau nonton film Kuntilanak sampe tiga episode. Film ini isinya cuma gelap-gelapan dan cewek sok punya isi yang lari-lari dan begitu tololnya mau tinggal di kosan di sebelah kuburan. Ini gak cuma tolol, tapi merendahkan intelejensi gua dan seluruh moviegoers di Indonesia.

Berikut empat hal yang paling ngaco dari film-film Indonesia.

1. Cuma ada TIGA jenis film di Indonesia

Apanya yang “masa keemasan” film Indonesia? Film Indonesia sekarang cuma ada tiga. Horror, Drama, Komedi Bokep.

Kuntilanak Kamar Mayat FA_KCB_promo nasional-ver_final Janda Kembang Poster

Sutradara-sutradara jaman sekarang pengecut dan gak berani ambil posisi. Mereka semua udah di bitch-slap pake nasi kari-nya mafindia (mafia India).

Mana film-film action? Mana film panas kayak masa keemasannya Ayu Azhari? Mana film animasi? Semua alasan gak bisa nolong lo.

Film terbaik Indonesia sepanjang masa.
Without Mercy (1995) – Film Indonesia terbaik sepanjang masa. Dengan tetek ngondoy Ayu Azhari.

Film Indonesia ketinggalan 50 tahun dibanding Hollywood. Dan para chauvisist itu bilang kita harus menghargai film Indonesia? Iya gua emang menghargai. Sama kayak gua menghargai roti yang udah dihinggapin cicak.

Ada yang udah nonton film Pocong3? Film ini lobang pantatnya film-film horror lain. Film ini bikin film-film Koya Pagayo jadi ampir pantes ditonton. Gak ada film lebih jelek dari Pocong3. Gak percaya? Silahkan aja beli VCD-nya. Tapi yang bajakan. Jangan lo sumbang duit buat orang itu, soalnya nanti dia tambah semangat untuk bikin film lagi.

Dan kenapa film drama cinta-cintaan menjamur? Film drama itu film yang dibikin sama orang-orang paling males di dunia perfilman. Crappy-sappy movies merajalela di bioskop Indonesia.

Gak perlu kita ngeliatin cewek yang diputusin pacarnya, ngomel-ngomel kayak mereka cewek paling malang di dunia dan sebagainya. Kayak di dunia nyata udah gak cukup banyak cewek yang begitu. Gua nonton film supaya seneng, bukan supaya kesel.

Dan please deh, udah cukup kita sama film komedi bokep. Mentang-mentang sekarang udah lebih bebas, gak perlu setiap kali ada tetek di sini, ngentot di sana, ciuman di sini, ngaceng di sana. Tapi punjab-punjab itu gak bisa disalahin sih (mereka cuma manusia biasa yang rela melakukan segala cara untuk mengeruk keuntungan). Emang masyarakat Indonesia aja baru pada turun gunung semua, belom pernah liat paha cewek. Ngeliat ciuman aja heboh. Aa Gym juga juga ikut-ikutan segala. Mana lo pas ada film Kawin Kontrak muncul? Gua gak bilang ada yang bener dan salah soal ciuman dan segala sesuatu berbau seks. Yang gua bilang, filmmaker Indonesia norak!

2. Judul yang sok pinter!

Kadang-kadang para penulis skenario pengen keliatan pinter dan ngasi judul film yang punya arti ‘dalam’. Ini diawali dari holy-grail seluruh remaja cewek di Indonesia, Ada Apa Dengan Cinta?.

Kira-kira begini reaksi yang diharapkan oleh produser filmnya:

“Eh tau gak lo, ternyata si protagonisnya itu namanya Cinta! CINTA! Dan ini film tentang percintaan! WOW! Jenius banget orang yang bikin judul ini!” [Applause]

Ada lagi film cengeng Love is Cinta. Apa itu Love Is Cinta?! Shit Is Tai lebih tepatnya.

Judul yang sangat jenius, bukan?
Judul yang sangat jenius, bukan?

Ternyata pepatah ‘great men think alike‘ berlaku kebalikannya di sini. Muncul deh judul-judul yang pengen keliatan pinter, tapi sebenernya cuma bikin mereka keliatan snob: ‘Pernikahan Dini‘ (oke ini sinetron, tapi film-film Indonesia dibikin oleh oknum-oknum sinetron), ‘Alexandria‘. Tentang Alexandria, oke, keliatannya sip juga sampe tengah film. Si cewek namanya Alexandria. Eh ternyata di akhir film, mereka jalan-jalan ke kota…. Tepat. Alexandria!

Gak selamanya mereka sengaja bikin judul sok ‘meaning’, tapi sering juga mereka bodoh dan tidak tau marketing. Dan akhirnya mengira judul yang terkesan ‘deep’ itu bagus: Merah itu Cinta, Selamanya, D’Bijis (note: gua suka film ini, tapi harusnya film ini dinamain ‘The Bandits’ aja), Heart (What the fuck is this movie about? Transplantasi jantung? Kalo bener, gua langsung beli DVD-nya),

Gak sebatas itu aja. Film Mengejar Matahari juga sama-sama pengen sok pinter. Cerita tentang empat sahabat cowok dari latar belakang berbeda yang sebenernya cukup menarik. Sampe suatu saat si Wingky Babat cerita sama Yoko kalo “matahari kita ada dua. Yang satu yang di langit. Yang satu yang kita kejar waktu kejar-kejaran“. What the fuck? Gua tau kalo judulnya punya arti itu. Gak perlu dijelasin. Lo kira penonton lo bego, ha Rudi?

Tatooine: satu-satunya planet di alam semesta dengan dua matahari.
Tatooine: satu-satunya planet di alam semesta dengan dua matahari.

3. Ada apa dengan BENCONG?

Bencong itu spesies paling rendah dari jejeran sub-genus Homo setelah sapiens, erectus, dan -sexual. Mereka gak pantes dan gak perlu muncul di layar TV, apalagi bioskop. Ini cuma mengekspos borok dari hipokritas masyarakat Indonesia. Di satu sisi kalian menghina dan merendahkan mereka, tapi kalian masukin ke film-film kalian: Susahnya Jadi Perawan, Skandal Cinta Babi Ngepet, Cinta 24 Karat, D’bijis, 4 Sehat 5 Sempurna, dan seterusnya dan seterusnya…

My. God. The. Horror. Will. It. Never. End?

My. God. The. Horror. Will. It. Never. End?

Mungkin omongan gua terkesan merendahkan bencong. Tapi sebenernya filmmaker yang masukin bencong ke filmnya itu yang merendahkan mereka! Bencong digambarkan sebagai orang yang lucu, centil, selalu jadi pencari suasana, walau kadang-kadang galak. Apa hak lo wahai para produser untuk men-stereotipkan mereka?

Kira-kira gini proses masuknya bencong ke film:

SUTRADARA
Pak produser, kayaknya film kita kurang lucu! Ada saran?

PRODUSER
Hmm… (mengingat-ingat pengalaman tadi malam). Saya tau! Kita masukin bencong aja! Pasti jadi lucu!

SUTRADARA
Bravo, pak, bravo. Jenius! Ide yang orisinal sekali!

PRODUSER
Heh, iya dong… Punjabi! (sambil tersenyum bangga dan menepuk dada)

Masukin bencong ke film gak bikin lo kreatif dan berani, tapi cuma nandain keterbelakangan lo dalam menulis cerita yang cukup lucu dan menarik sampe harus masukin makhluk itu ke layar.

4. Penyanyi yang jadi aktor dan sebaliknya

Lo mendingan stick to bakat lo aja daripada coba-coba cari duit dengan cara yang bikin lo keliatan tolol.

Yeah, I mean YOU, Sandra!

Yeah, I mean YOU, Sandra!

Kebangkitan film Indonesia? My ass!

[end rant]

21 Responses to 4 HAL NGACO DARI PERFILMAN INDONESIA

  1. heavy://metal-hard.co.re/cinta?.moml berkata:

    Begitulah Dunia Hiburan Indonesia
    LOVE IS MONEY
    MISTIC IS MONEY
    SEX IS MONEY

  2. Gambliz berkata:

    Bang Zafir siap mendanai ndak? Saia ada beberapa rancangan pembunuhan si Punjabi laknat tu. At least berkurang satu kuman yang agak rakus, barulah kita habisi India remeh temeh lainnya (macam Shanker, Soraya, delel)…..

  3. pleh berkata:

    Heart (What the fuck is this movie about? Transplantasi jantung? Kalo bener, gua langsung beli DVD-nya)<–klo ga slh emg ttg itu ko pir..cb aj ntn..

    • Don Zafir berkata:

      masa? tentang transplantasi jantung? kayak model-model E.R., House, Grey’s Anatomy gitu? Somehow I doubt it. Gua ud coba mo donlot tu film, tapi gua bolak balik muntah pas ngeliat posternya sebelom donlot. Sampe akhirnya gua nyerah…

  4. tai_chi berkata:

    Betul…Film indonesia memang banyak yang mengecewakan,,kalau gitu, bikin film donk…
    yang bisa diterima semua lapisan masyarakat indonesia,,yang nggak pakai hal norak,,yang berkualitas lahh…
    kitu,,,
    gimana bos???kebiasaan orang indo yang lebih buruk adalah cuma bisa mengkritik tanpa bisa memperbaiki…
    kalau memang fim-film indonesia yang disebutkan itu bener-bener sampah, tai anjing, buatlah film yang berkualitas bung..yang bisa nyadarin tu punjabi2,,,sutradara2, penulis2 skenario, dan insan film lain yang menurut anda tak berkualitas..
    thanks….

    • Don Zafir berkata:

      Sabar aja, Tai…
      Boleh gua panggil Tai?

      Film gua sedang dalam pengeditan.
      Rencana rilis Oktober 2009, lewat private screening, festival dan YouTube. Pasti gua posting di sini, tenang aja.

      Tapi ada satu hal yang gua SANGAT GAK SETUJU dari komentar lo:

      Untuk bisa mengkritik, tidak harus bisa membuat sesuatu yang lebih baik. Apa kritikus film, komentator bola, komentator wrestling harus bisa melakukan lebih baik dari objek kritikannya? Tentu tidak. Jika lo jawab iya, berarti lo NAIF.

      Comeback….

  5. jono berkata:

    tul bgt gan… masak kaya gitu aja di jual.. dan hebatnya LAKU… bikin harga diri sutra dara jatoh tuh… film tuh yg bermutu dikit lah.. jgn ngikutin maunya yg punya duit.. penontonya juga oon aja nonton film setan di dalem bioskop juga tutup mata.. apa yg diliat.. wakakak..

    kenapa ga bikin film kaya warkop yah kan belom ada tuh..komedy yg melegenda..

    bikin lagi kek warkop DKI… the best forever dah.. WArkop DKI ga ada matinya.. iya ga don??

    tapi bagus lah.. perfileman kita dah mulai bangkit lagi.. namanya baru bangkit sempoyongan dikit gpp lah.. belom lempeng jalanya jd masih banyak cacat.. moga2 kedepanya jgn seperti yg udah2.. lebih kreatif dah pokoke…

  6. Andi berkata:

    ….komedi bokepnya juga nanggung bgt….minimal bgt cuma sampe BH…maunya topless, nude, telenji….trus kalo ML cowo sm cewe-nya jgn pake baju dong..kliatan bgt ngg niat ML….fuck!

  7. kebo berkata:

    wakakakaka… ngga jauh2 dari analisa gw bahwa masyarakat Indonesia itu pikirannya ngga jauh2 dari seputar SELANGKANGAN dan SETAN 🙂

  8. kifni berkata:

    wah… tulisan anda memang menarik, walau seringnya bikin kuping orang lain (bukan saya) panas..

    memang benar apa yang anda bilang soal film, mungkin anda juga harus menulis soal Sinetron indonesia yang makin kacau, makin ga mendidik dan tentu makin ga berkualitas..

  9. kodoku berkata:

    kalo perlu film dibikin stripping

  10. ipi berkata:

    sumpah..keren bgt tulisan loe. Sedikit brutal, frontal dan kenaaaaaaaaaa bgt.

  11. eskesk berkata:

    hahahahah bikin ngakak!!! ini baru yang namanya KRITIKAN!!!

  12. Tia berkata:

    Wah luar biasa… Ide tulisan ini bener2 orisinil *punjabi mode on*

  13. rika berkata:

    gw sangat gak suka film indonesia…..soalnya gak ada yg bagus…….norak n lebay semua…..apalagi sinetron…..gak bgt deh…….apalagi musiknya….cinta semua…..norak bgt…….

  14. zapir asshole berkata:

    mane film lo nyet ?
    Dah taon 2011 ne, bukannya lo bilang taon 2009 mo rilis ?

    Rilis biji mate lu….

    Bisanya ngomong doang, kek manusia paling hebat aja lo, songong banget se lo

  15. MasGml berkata:

    Film-nya mana sih yang Rilis Oktober 2009??? Gan,,,bagi link nya donk di Post ini…ane pengin liat donk…Dan pastinya. lebih bagus ketimbang 4 hal ngaco di atas yah… 😀

  16. kadal burik berkata:

    ngentot loe pade …. ngebacot doang

  17. jillian berkata:

    hahaha disitu masih film yang ga tiap sponsor lewat muncul tayangan bodoh. gimana komentar lo tentang sinetron yang kadang ga judul ga cerita bikin penonton kaya cerita anak SD, baru tayang tuh alur udh ketebak endingnya hhahaha

Tinggalkan komentar